DATA PENGUNJUNG

Website counter

MEDIA PEMBELAJARAN SAINS
Pada lingkup pembelajaran Sains, karakteristik yang menonjol adalah pengaitan konsep dengan kehidupan nyata melalui pengamatan atau percobaan. Pengamatan serta percobaan yang paling baik adalah dengan menghadirkan media secara langsung, misalnya mempelajari tentang konsep mengapung-tenggelam-melayang, maka guru bisa membawa bejana berisi air dan benda - benda yang dapat membuktikan konsep tersebut, siswa yang melakukan percobaan sehingga kegiatan ini memberikan kesan yang mendalam dan lebih bermakna bagi peserta didik sehingga menumbuhkan sikap positif bagi proses dan hasil belajarnya. Tetapi kenyataan yang terjadi adalah guru jarang menggunakan media, jangankan media yang riil, gambar saja jarang membawa. Pembelajaran Sains di SD lebih banyak 'doktrin' daripada suatu pembuktian kritis. Banyak alasan yang diberikan guru mengapa tidak menghadirkan diantaranya fasilitas sekolah tidak mendukung, sulit, ribet dll. Berikut ini media pembelajaran Sains dalam bentuk Microsoft Power Point yang saya dapatkan dari kepala sekolah SDN Mandala Jeruklegi setelah mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah 1 sd 6 Nopember 2010 bertempat di Grafika Hotel Gombong yang deselenggarakan oleh LPMP Jawa Tengah. Semoga media pembelajaran ini dapat mengikis jurang kekeringan media dalam pembelajaran Sains.
Contoh media yang dimaksud berikut ini


klik pada area gambar untuk menjalankan



Download Media Pembelajaran Sains



Menghadirkan Planetarium di Komputer
Stellarium merupakan program gratis multi platform, yang bisa digunakan untuk komputer berbasis sistem operasi windows, linux maupun mac.
Dengan Stellarium kita bisa melihat gambaran langit dalam bentuk 3 dimensi, hanya tinggal klik dan seret mouse maka planet – planet, galaksi serta berbagai bintang dengan jumlah katalog mencapai 600.000 hadir di depan kita. Baca selanjutnya...

Globe Virtual Di Dalam Komputer
Kata globe berasal dari bahasa Latin, globus yang artinya bola atau bulatan. Globe adalah tiruan bumi yang diperkecil dan menyerupai aslinya. Dengan globe banyak manfaat yang dapat kita peroleh yaitu :
Mengetahui letak astronomis suatu wilayah di permukaan bumi.
Mengetahui perbedaan iklim berdasarkan garis lintang.
Mengetahui perbedaan waktu di dunia.
Mengetahui persebaran bentang alam, seperti daratan, lautan, danau, sungai, dan lain-lain. Baca selanjutnya...



Mars Bangga Mbangun Desa Kabupaten Cilacap

Mars Bangga Mbangun Desa Kabupaten Cilacap mulai terkenal sejak Pemerintah Kabupaten Cilacap mengadakan perlombaan paduan suara lagu ini pada tanggal 7 Maret 2011, baca selengkapnya...


EUROTALK : Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Yang Sangat Mengesankan

Eurotalk merupakan program
pembelajaran multimedia interaktif yang
diproduksi oleh Perusahaan Eurotalk
untuk mempelajari bahasa. Kita bisa
menggunakan Eurotalk untuk mempelajari
tidak hanya Bahasa Inggris tetapi juga
bahasa yang lain. Bahasa yang lain seperti
Eurotalk Bahasa Indonesai, Bahasa
Jerman, Bahasa Prancis, Bahasa Arab
serta berbagai bahasa lain disediakan oleh
Eurotalk. Baca selanjutnya...


PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Kata media berasal dari Bahasa Latin dengan bentuk jamak medium yang biasa kita artikan dengan bebas sebagai perantara. Menurut Wikipedia, medium diartikan sebagai suatu penyimpan atau alat penyampai yang digunakan untuk menyimpan dan menyampaikan informasi atau data.
“Medium (communication), storage and/or transmission tools used to store and deliver information or data” (http://en.wikipedia.org/wiki/Medium)
Dalam konteks pendidikan, media diartikan sebagai pembawa pesan, seperti apa yang diungkapkan Schramm (1977) bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (1995 : 136) adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran. Baca selanjutnya...



AJARKAN BAHASA INGGRIS DENGAN LAGU

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang penggunaannya sangat luas di dunia, digunakan oleh berbagai kelas baik kelas sosial tinggi, menengah maupun bawah meskipun digunakan dengan cara yang masih ‘belepotan’. Tak terkecuali di negeri kita, Bahasa Inggris ini pun telah menjadi ‘idola’ dibandingkan dengan bahasa asing yang lain. Hal ini terlihat jelas misalnya porsi penggunaan yang lebih banyak di tempat publik seperti papan petunjuk di tempat umum yang banyak terdapat bahasa inggris, menulis abstrak penelitian ‘sakral’ menggunakan Bahasa Inggris, dan lebih luar biasa lagi adalah adanya sekolah – sekolah rintisan internasional yang memiliki pengantar Bahasa Inggris. Karena peran yang sangat penting inilah maka Pemerintah Republik Indonesia mengukuhkan ‘demam Bahasa Inggris’ menjadi kurikulum yang harus diajarkan pada sekolah – sekolah termasuk sekolah dasar, baca selanjutnya...

Download Standar Kompetensi Bahasa Inggris SD dari BSNP


Contoh Langkah Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Lagu
Anak - anak sangat suka bernyanyi. Mereka bernyanyi hampir di setiap tempat dan setiap waktu baik di kelas, di jalan, di warung dll. Siswa yang sangat gemar bernyanyi dapat kita jadikan strategi untuk menghadirkan pembelajaran dengan bernyanyi. Berikut ini disajikan gambaran
langkah pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media lagu. Dengan lagu, anak - anak akan jauh lebih tertarik sehingga pembelajaran menyenangkan.



Download Lagu Pembelajaran Bahasa Inggris

1. The Alphabet Song

Lagu yang dapat digunakan untuk membantu anak dalam mengucapkan huruf Bahasa Inggris.
2. ABC Songs
3. Counting Song
4. Days of the Week
5 . Colors
6 . The Eensey Weensey Spider
7. hokey pokey
8. Old MacDonald had a Farm
9. Bob the Snail
10. This Old Man
11. Mary had a little lamb
12. Humpty Dumpty
13. Baa Baa Black Sheep


Berbagai Media Pembelajaran

Jumat, 20 Mei 2011

Pembelajaran Simetri Putar



Pelaksanaan pembelajaran simetri putar di kelas masih banyak yang dilakukan dengan cara guru memberikan contoh di depan kelas sedangkan siswa tidak diberi kesempatan untuk menguji coba sendiri. Dengan satu contoh yang diberikan guru, biasanya siswa diminta untuk membayangkan ada berapa simetri putar pada berbagai bangun datar. Menurut Piaget siswa sekolah dasar masih dalam tahap kognitif operasi konkret, ciri khas anak yang pikirannya masih dalam tahap ini adalah perlunya pemahaman konsep dengan benda nyata. Jika pembelajaran simetri putar dilakukan hanya dengan membayangkan maka siswa akan sangat mengalami kesulitan pemahaman.
Untuk mengajarkan tentang simetri putar hal pertama yang dapat dilakukan guru adalah menyediakan media berupa bangun datar yang dibuat dari kertas. Guru yang membuat seluruh bangun datar dengan maksud agar bahan percobaan sama bagi semua siswa. Karena bangun datar ini nantinya akan digambar lagi oleh siswa, ukuran cukup 2 – 3 cm saja, dalam satu buah kertas ukuran folio bisa digunakan untuk 4 siswa. Beritahu siswa agar membawa gunting atau cutter pada hari sebelum pelaksanaan pembelajaran ini.
Berikut ini adalah contoh bangun datar yang telah dicetak












Langkah pembelajaran :
1.Berikan lembaran kertas yang telah dicetak dengan berbagai bentuk bangun datar, tiap siswa menerima satu lembar kertas.











2.Beri petunjuk kepada siswa agar memotong bangun datar yang ada dalam kertas pas garis.



















3.Setelah siswa selesai memotong kertas, mintalah siswa untuk menjiplak semua bangun datar di buku tulis, cetak pas garis tepi bangun datar















4.Sebelum mengerjakan berikanlah contoh di depan kelas. Misalnya guru menjiplak buku daftar siswa yang berbentuk persegi panjang di papan tulis. Guru memutar – mutarkan buku daftar kelas, pojok kanan atas menempati pojok kanan bawah, setiap kali guru melakukan satu kali putaran , tanyakan pada siswa apakah buku daftar kelas sudah menutupi semua garis yang dijiplak? Jika iya itulah simetri putar, terus putar hingga tiap pojok menempati posisi sebelum diputar.
5.Minta siswa untuk menuliskan jawaban di bawah tiap jiplakan bangun datar



















6.Ketika siswa melakukan percobaan, guru sebaiknya berkeliling kelas untuk mengamati dan membantu bila siswa masih mengalami kesulitan.
7.Pada akhir pembelajaran, cocokkan hasil percobaan siswa. Mintalah siswa untuk menyebutkan berapa simetri putar pada tiap bangun datar. Ketika siswa menjawab mintalah bukti kepada siswa dengan cara meminta untuk ditunjukkan pada posisi mana saja simetri putar tersebut. Guru juga ikut melakukan pembuktian dengan menggunakan bangun datar yang bentuknya agak besar.
Pertanyaan : Apakah tidak merepotkan jika guru yang membuatkan untuk siswa, karena untuk membuat media ini perlu waktu yang tidak sebentar?
Jawab : Jika kita membuat media ini dengan manual (membuat dengan tangan) akan memerlukan waktu yang lama. Daripada membuat secara manual, buatlah di Microsoft Word( Insert > shapes > pilih berbagai bangun datar). Dengan Microsoft Word tidak sampai 10 menit sudah selesai dibuat dan diprint.(Print secara cepat dengan pengaturan printer fast/ draft).
Pertanyaan : Saya tidak punya komputer di rumah, sekolah juga tidak punya bagaiman bisa membuat dengan Microsoft Word?
Jawab : Semua sekolah dasar di Indonesia kini telah menerima dana BOS, dana BOS boleh dianggarkan untuk membeli komputer (station) dan juga printer. Beli komputer dan printer seharga 5 juta sudah sangat bagus.
Pertanyaan : Saya tidak bisa memakai komputer?
Jawab : Perkembangan Teknologi sangat maju, keponakan saya yang berusia 3 tahun saja sudah biasa menggunakan laptop. Apakah kita tidak malu gagap teknologi dibandingkan anak kecil yang sudah mahir? Buku petunjuk penggunaan komputer sangat banyak dan bisa didapatkan dengan mudah atau belajar lewat internet juga bisa. Jika di kota kita tidak ada toko buku, penjual buku di kota besar biasanya menerima pembelian buku jarak jauh dengan sistem transfer.


Materi Simetri Putar
Simetri putar adalah putaran pada suatu bangun datar sampai dengan satu kali putaran penuh pada pusat simetri sehingga kembali pada bingkainya seperti semula



a. Simetri Putar pada Bujur Sangkar












Bujur sangkar mempunyai 4 simetri putar

Putaran pertama : AÆD; DÆC; CÆB; BÆA (A ke D, D ke C, C ke B dan B ke A)
Putaran kedua : A Æ C ; B ÆD ; C ÆA ; D Æ B
Putaran ketiga : A Æ B ; B Æ C; CÆ D; DÆA
Putaran keempat : AÆA ; BÆB ; CÆC ; DÆ D ( Posisi semula)




b. Simetri Putar pada Persegi panjang








Persegi panjang mempunyai 2 simetri putar. Putaran pertama: AÆ C ; B ÆD ; CÆA ; DÆ B
Putaran kedua : AÆ A ; BÆ B ; CÆC ; DÆ D

c. Simetri Putar pada Segitiga sama sisi



Segitiga sama sisi mempunyai 3 simetri putar

Putaran pertama: AÆC ; BÆA ; CÆB Putaran kedua : AÆB ; BÆC ; CÆA Putaran ketiga : AÆA ; BÆ B; CÆC
A B



d. Simetri Putar pada Elips Oval



Mempunyai 2 simetri putar




e. Simetri Putar pada Ligkaran



Mempunyai tak terhingga simetri putar





f. Simetri putar jajaran genjang, belah ketupat dan segitiga sama kaki, trapesium mempunyai 2 simetri putar






Mempunyai 2 simetri putar










Mempunyai 1 simetri putar







Download artikel ini
Referensi
http://soalmatematika.com/simetri-lipat-dan-simetri-putar/
Mustaqim, Burhan & Ary Astuti.2008. Ayo belajar matematika 4 : untuk SD dan MI kelas IV.Jakarta:Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar